Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Sejarah Lampu Lalu Lintas (Merah kuning ijo)

Spoiler
sumber.wikipedia.Lampu lalu lintas adalah suatu peranti pemberi sinyal yang ditempatkan di persimpangan jalan, penyeberangan jalan, atau lokasi-lokasi lain untuk menunjukkan keadaan aman untuk mengendarai atau berjalan sesuai dengan kode warna universal (dan suatu urutan yang persis bagi orang-orang yang menderita buta warna). Lampu lalu lintas disebut juga sebagai alat pemberi isyarat lalu lintas /APILL

Sistem pengaturan lampu lalu-lintas pertama kali diperkenalkan di Inggris, yaitu di daerah Westminster pada tahun 1868. Adapun pada saat itu digunakan semacam gas sebagai alat pengendalinya. Penggunaan gas tidak berlangsung lama, karena gas tersebut mudah meledak. Pada tahun 1918 di New York mulai diperkenalkan penggunaan sinyal sebagai pengendali untuk mengontrol lampu lalu-lintas dengan penggunaan lampu 3 warna.

Sementara itu penggunaan sinyal secra manual yang menggunakan tenaga manusia sebagai operatornya, mulai digunakan di Piccodity pada tahun 1925. Pada tahun 1926 di Wolverhamton, Inggris digunakan sistem pengaturan lampu lalu lintas otomatis untuk pertama kalinya.'


Spoiler for kenapa merah kuning ijo?
ternyata pemberian dan pemilihan warna-warna itu tidak ngasal atau tidak ngawur. itu aja sejarahnya lho...
begini, ini bermula saat manusia mulai membuat kereta api dan tentunya juga membuat rel kereta api. pada saat itu, sebenarnya warna hijau adalah warna yang dipilih untuk menandakan untuk berhenti dan warna putih dipilih untuk menandakan boleh jalan.
Seiring berjalannya waktu, diketahui bahwa ternyata warna putih -yang menandakan boleh jalan itu- sangat mudah dikaburkan dengan sinar-sinar lainnya dan ini sangat membahayakan. oleh karena itu, lampu tanda boleh jalan diubah menjadi warna hijau. sedangkan untuk tanda berhenti dipilih warna merah.
kenapa yang dipilih lampu merah untuk menandakan berhenti? bukannya masih banyak warna yang laen?
ternyata alasannya adalah karena warna merah itu dapat memberikan kita suatu perasaan tegang dan tidak aman. selain itu, meskipun dari jarak yang jauh, warna merah ini tetap saja bisa kita lihat dengan jelas!!


Spoiler for lampu lalu lintas gan


0 komentar: