Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Sejarah Yahoo! dan Yahoo! Messenger

Spoiler for Sejarah Yahoo!


Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.

Kemudian mereka berfikir, mengapa tidak memasukannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.

Koleksi bookmark tersebut, sekarang dikenal sebagai Yahoo!, menerima sejumlah 80 juta pengunjung setiap bulan (sensus tahun 2000).


Apa dan Bagaimana Yahoo!
Apakah Anda tahu kalau pendiri Yahoo! adalah orang Asia? Apakah Anda tahu kalau sekarang Yahoo! punya blog? Masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan tentang Yahoo! yang kalau diajukan ke kebanyakan pengguna internet, jawabannya masih ‘tidak tahu’!

Padahal nama ini sudah identik dengan penggunaan internet, terutama mereka yang gemar berkirim e-mail, atau ngobrol lewat Yahoo! Messenger (YM). Sejenak, bolehlah kita mengenal berbagai fitur yang dimiliki salah satu situs layanan gratis terbesar di dunia ini.

Pertama-tama tentu kita ingin tahu apa dan bagaimana Yahoo! Untuk ini Anda dapat masuk halaman Company Info. Letak link-nya di bagian paling bawah halaman utama Yahoo.

Masuk link ini, berbagai pilihan ditawarkan. Dari link kesempatan kerja di Yahoo!, keterangan untuk pers, informasi iklan, Yahoo! Help, kesempatan untuk investor, cara
mendaftarkan site di Yahoo, dan banyak lagi.

Namun jika Anda hanya ingin mengetahui apa dan bagaimana Yahoo! bisa berkembang seperti sekarang, Anda cukup masuk ke halaman Press Room. Di sini tersedia berbagai keterangan profil dan sejarah Yahoo!

Ternyata Yahoo! sendiri didirikan oleh Jerry Yang, seorang pemuda Asia asal Taiwan yang ketika itu kuliah mengambil program Ph.D. di Electrical Engineering Stanford University. Jerry dengan teman sekampusnya David Filo memulai proyek Yahoo! pada Februari 1994.

Mereka berdua punya hobi yang sama, yaitu menjelajahi dunia internet, tapi sering kesulitan mencari sesuatu yang mereka butuhkan di dunia maya ini. Lalu, mereka berdua pun menggarap Yahoo! Yahoo! sendiri adalah akronim dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle.

My Yahoo!

Biasanya, karena memang yang paling populer dari Yahoo! adalah search engine, free email, dan messenger, kita langsung masuk ke halaman fitur atau software masing-masing untuk menggunakannya.

Untuk memeriksa e-mail, Anda dapat langsung membuka mail.yahoo.com. Menggunakan Yahoo! Messenger (YM) pun tak kalah mudahnya, tinggal klik software-nya. Tapi dengan My Yahoo! semua fasilitas atau fitur Yahoo dapat diintegrasikan. Link-nya ada di sebelah kanan atas halaman utama Yahoo!

Uniknya, halaman ini dapat Anda pilih desain dan warnanya sendiri. Begitu pula dengan fitur-fitur yang Anda inginkan, Anda dapat memunculkannya di halaman ini, dari kategori berita, tampilan email, penyimpanan foto dan file, pesan offline dari YM, kalender, White Page pencari Yahoo! ID, Email Finder, ramalan cuaca dan banyak lagi.

Secara tak langsung, My Yahoo! sudah menjadi buku agenda online bagi pemiliknya, sekaligus meringkas fitur-fitur penting Yahoo! yang sering digunakan.

Groups, Music, Chat & Videao (new)

Di bagian kiri atas halaman utama Yahoo! ada tiga fitur yang kita semua sudah mengenalnya. Tapi kadang-kadang banyak juga yang belum mengerti kegunaannya. Pertama, Groups, yaitu fasilitas mailing list (milis) bagi pemilik
Yahoo! ID.

Ini adalah group diskusi, di mana setiap member mengirim email yang diterima semua member. Nah, halaman ini berisi arsip email-email yang masuk ke dalam milis. Selain itu, Anda juga dapat membuat milis sendiri dan menjadi moderatornya. Milis ini tadinya dikenal dengan nama E-Groups, tapi setelah diambil alih pengelolaannya oleh Yahoo! berubah menjadi Yahoo! Groups.

Fitur kedua adalah Music. Halaman ini akan menjadi surga bagi musik mania. Lagu-lagu terbaru dan informasinya, begitu juga musik video dapat Anda mainkan di sini, baik yang gratis maupun yang berbayar. Asyik kan?

Yang terakhir adalah fitur Chat. Sepintas lalu fitur ini seperti tak ada istimewanya, karena sudah banyak situs web yang menyediakan fasilitas ini. Namun bagi yang sudah bergantung pada YM, bila suatu waktu PC yang digunakannya tak dapat mengakses YM (misalnya karena diblokir firewall), fitur ini amat membantu.

Chatting pun jadi bebas!

Yahoo! Indonesia

Sudah tahu ada Yahoo! Indonesia? Anda dapat menemukan link-nya di sebelah kanan bawah, di bagian Yahoo! International. Sebenarnya halaman ini lebih pantas disebut Yahoo! Asia edisi Indonesia, karena tak begitu banyak bagian halaman untuk Indonesia.

Yang pertama ada pada pilihan search engine, apakah ingin memakai mesin pencari yang All the Web atau Indonesia. Kedua, pada kolom In The News, yang menampilkan berita-berita dan ramalan cuaca Indonesia. Dan terakhir pada Yahoo! Message Board, yang memuat forum untuk pengguna Indonesia namun merupakan bagian Yahoo! Asia bersama forum untuk Malaysia, Philipine, dan Thailand. Ada juga Yahoo! Asia Groups, milis khusus untuk group kawasan Asia, termasuk kategori Indonesia tentunya.

Di halaman edisi Indonesia yang logonya menggunakan wayang ini Anda pun dapat memperoleh info penggunaan Yahoo! Mobile. Anda dapat mengetahui cara mengirimkan SMS dari YM ke handphone dan sebaliknya.

Yahoo! 360 dan Yahoo! Messenger

Ini adalah dua fasilitas terbaru dari Yahoo! Setelah beberapa waktu lalu Yahoo! menaikkan kapasitas penyimpan emailnya menjadi 1 Gigabyte, perusahaan ini juga telah meluncurkan Yahoo! 360. Fasilitas tersebut menggabungkan blog dan jaringan teman serta grup, yang siap menyaingi pendahulunya, Friendster.

Selain dapat digunakan untuk mengisi blog (diary online) kita dapat dengan cepat memperluas jaringan teman dan kelompok. Tak heran kalau fitur ini telah menyedot perhatian banyak pengguna Yahoo!

Selain Yahoo! 360, Yahoo! juga telah merilis versi klien messenger terbarunya. Messenger ini telah mendukung komunikasi Voice over IP (VoIP). Rencananya, Yahoo! pun akan mengawinkan produknya dengan MSN Messenger dari Microsoft. Kita tunggu saja!

0 komentar: