Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Tips Memulai Bisnis Online

Internet dewasa ini merupakan suatu perkembangan teknologi yang sudah menjadi gaya hidup dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia dan dunia. Bagi seorang pebisnis yang jeli dan marketer yang handal, pasti akan langsung menembak pasar dan memasarkan produk dan jasanya dengan menggunakan internet. Hal ini sangat beralasan, diantaranya:

1. Pengguna internet semakin banyak seiring berjalannya waktu mencakup segala umur

2. Tidak mengenal batas Negara (wilayah pemasaran sangat luas)

3. Pangsa pasar yang sangat tertarget (langsung berada di depan konsumen yang sedang membutuhkan)

4. Biaya produksi dan pemasaran yang lebih rendah bila dibandingkan dengan marketing offline (canvassing, door to door, beriklan di media cetak dan elektronik dan billboard)

Nah, dengan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh marketing online, tidak heran jika pertumbuhan bisnis online juga meningkat tinggi.Tetapi untuk para pemula, memulai suatu bisnis online tidak semudah yang dibayangkan, karena persaingan yang semakin tinggi dewasa ini. Berikut adalah beberapa tips untuk memulai bisnis online.

1. Tentukanlah bidang yang akan kembangkan sebagai bisnis (bisa berdasarkan hobi atau pengalaman yang dimiliki)

2. Melakukan survey pasar, yaitu dengan membuka google dan mengetik kata dasar dari bisnis yang akan Anda jalankan. Lihat berapa banyak website dengan memakai kata tersebut dan periksalah apakah di sebelah kanan google terdapat website (website berbayar). Jika ada berarti bidang bisnis Anda potensial untuk dikembangkan.

3. Mencari keyword yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Anda dapat menggunakan tools adwords google atau wordtracker.

4. Kemudian buatlah website. Keyword potensial yang Anda dapatkan, silahkan masukkan ke dalam nama domain dan meta tag (tittle, description dan keyword) Anda.

5. Kembangkan isi website Anda dengan isi yang menarik dan desain yang menawan.

6. Bila dimungkinkan Anda dapat memasukkan lebih dari 1 bisnis ke dalam website Anda. Tetapi tentu saja harus dengan perencanaan yang matang terlebih dahulu.

0 komentar: